UKMFT-ITC adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura. Berawal dari kelompok yang diberi nama "Kelompok Penguna Komputer" dan akhirnya mendeklarasikan dirinya dengan nama "Information Technology Center" pada tanggal 05 Oktober 2002.

Chumby: Komputer Terkecil dengan Sistem Operasi Linux

Linux itu memang serba bisa, bagaimana tidak dengan perkembangan yang sangat cepat kini Linux telah mendukung berbagai arsitektur perangkat keras dan prosesor yang ada. Jika tidak percaya, coba tanyakan apa sistem operasi yang digunakan oleh super computer Blue Gene milik IBM yang kesohor itu. Anda akan mendapatkan jawabannya: Linux. Dan jika Anda perhatikan, saat ini Linux digunakan secara luas mulai dari super computer, main frame, personal computer (dengan berbagai arsitektur), notebook, UMPC, cellular phone, PDA, Playstation, iPod, bahkan hingga gadget super cute seperti Chumby.

Chumby adalah sebuah alarm clock berukuran kecil yang terbungkus dengan bahan kulit. Tapi ini bukan alarm clock biasa, di dalamnya telah tertanam sistem operasi Linux dan segudang fitur yang sangat sesuai untuk gaya hidup digital. Beberapa fitur yang tertanam dalam gadget mungil ini diantaranya, Wi-Fi, digital frame picture, Internet TV and radio player, dan Web information center. Dengan fitur-fitur ini Chumby akan dengan setia menemani Anda untuk selalu terhubung ke internet. Gadget ini juga mampu menampilkan dari web: berita, foto, musik, cuaca, gosip selebritis, dan update skor pertandingan olahraga.

Urusan antar muka Chumby memiliki layar sentuh berukuran 3,5 inch a la iPhone. Penggunaannya juga sangat mudah karena sudah mendukung plug n play. Untuk informasi lebih lanjut tentang gadget ini, silakan mengunjungi situsnya di www.chumby.com.

Sumber: Practical Technology, PC Magazine
RELATED POSTS

Click here for comments 1 komentar:

avatar

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
http://www.infogue.com/
http://linux-open-source.infogue.com/chumby_komputer_terkecil_dengan_sistem_operasi_linux

anda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!