UKMFT-ITC adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura. Berawal dari kelompok yang diberi nama "Kelompok Penguna Komputer" dan akhirnya mendeklarasikan dirinya dengan nama "Information Technology Center" pada tanggal 05 Oktober 2002.

Bug Nomor Wahid di Ubuntu

Tahu dan kenal bug bukan? Saya yakin teman-teman sebagai seorang anak informatika dan teknik pada umumnya pernah mendengar istilah ini. Bug atau kutu jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah suatu kesalahan dalam sebuah perangkat lunak komputer atau program. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang bug, silakan merujuk ke sini dan ke sana. Jika dilihat dari sejarahnya ada beberapa bug yang cukup menarik yang terjadi pada beberapa aplikasi bahkan sistem operasi yang ada. Beberapa di antaranya bahkan menimpa produk-produk sumber terbuka a.k.a open source termasuk distro paling populer Ubuntu.

Dan tahukan bug nomor satu di Ubuntu? Bug #1 Ubuntu ini sepertinya tidak ada kaitan dengan kesalahan dalam pemrograman karena bug nomor wahid di Ubuntu adalah "Microsoft has a majority market share". Bug ini pertama kali dilaporkan oleh Mark Shuttleworth, pendiri Ubuntu, pada tanggal 20 Agustus 2004 (wah sudah lama juga ya). Dalam laporannya, Mark menyebutkan

""Microsoft has a majority market share in the new desktop PC marketplace.This is a bug, which Ubuntu is designed to fix.
Non-free software is holding back innovation in the IT industry, restricting access to IT to a small part of the world's population and limiting the ability of software developers to reach their full potential, globally. This bug is widely evident in the PC industry.
Steps to repeat:
1. Visit a local PC store.
What happens:
2. Observe that a majority of PCs for sale have non-free software pre-installed.
3. Observe very few PCs with Ubuntu and free software pre-installed.
What should happen:
1. A majority of the PCs for sale should include only free software like Ubuntu.
2. Ubuntu should be marketed in a way such that its amazing features and benefits would be apparent and known by all.
3. The system shall become more and more user friendly as time passes.""

Biar lebih jelas silakan melihat langsung ke launchpad.
RELATED POSTS

Click here for comments 0 komentar: