UKMFT-ITC adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura. Berawal dari kelompok yang diberi nama "Kelompok Penguna Komputer" dan akhirnya mendeklarasikan dirinya dengan nama "Information Technology Center" pada tanggal 05 Oktober 2002.

GIMP Single Window Mode di Ubuntu 10.04 Lucid Lynx

Canonical memutuskan untuk tidak lagi menyertakan GIMP secara default dalam distribusi Ubuntu. Hal ini dimulai dari rilis Ubuntu 10.04 Lucid Lynx yang baru saja dirilis pada 29 April 2010 yang lalu. Sebagai gantinya Ubuntu akan membawa serta Fspot, perangkat lunak untuk manajemen foto dan gambar. Tapi untuk para pengguna GIMP tidak perlu bersedih karena GIMP tetap disertakan di repositori Ubuntu. Kalau memang membutuhkan GIMP untuk keperluan edit foto atau gambar, tinggal pasang saja menggunakan Synaptic Package Manager atau dari teminal menggunakan perintah:

sudo apt-get install gimp


Sayangnya GIMP yang disertakan dalam repo Ubuntu 10.04 masih versi 2.6.8 yang belum menyertakan fitur single mode window. Coba saja perhatikan di menu Window yang ada di jendela GIMP 2.6.8


Nah, bagi rekan-rekan yang terbiasa menggunakan sistem operasi tetangga tentu saja sistem floating yang digunakan GIMP ini agak terasa aneh dan mungkin kurang nyaman.

Namun tak perlu khawatir, GIMP versi 2.8 yang masih dalam tahap pengembangan (saat ini versi 2.7.x) menjanjikan akan menyediakan fitur satu jendela alias single window mode. Walaupun masih dalam tahap pengembangan tidak ada salahnya mencoba fitur yang mungkin akan dinantikan seluruh pengguna GIMP yang terbiasa menggunakan sistem operasi tetangga.

Untuk dapat memasang GIMP 2.7.1 yang tidak ada di repo Ubuntu Lucid Lynx, rekan-rekan harus menambahkan repo dari PPA berikut, menggunakan perintah

sudo add-apt-repository ppa:matthaeus123/mrw-gimp-svn

Lanjutkan dengan perintah

sudo apt-get update
sudo apt-get install gimp

Proses ini mungkin akan berlangsung cukup lama, sangat tergantung pada koneksi internet yang digunakan. Jika proses pemasangan sudah selesai, jalankan GIMP seperti biasa dan perhatikan pada menu Window


Yup, we got it. Coba saja mencentang menu Single-window mode tersebut lalu perhatikan apa yang terjadi. Simsalabim


GIMP berubah wujud dan menjadi satu jendela semua. Oke, sekian dulu untuk artikel ini, kalau mau tahu lebih banyak tentang Ubuntu 10.04 Lucid Lynx dan fitur-fitur keren yang ada di dalamnya silakan mengikuti Lucid Release Party yang akan diadakan UKMF ITC pada 15 Mei 2010.
RELATED POSTS

Click here for comments 0 komentar: