UKMFT-ITC adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura. Berawal dari kelompok yang diberi nama "Kelompok Penguna Komputer" dan akhirnya mendeklarasikan dirinya dengan nama "Information Technology Center" pada tanggal 05 Oktober 2002.

Thinking About Java (Modul Pelatihan Sistem Informasi)



  Table Of Contents
1.  History of Java
2.  Thinking in Object Oriented
  • Class and object
  • Inheritance
  • Polimorphism 
  • Interface 

Information System Training



Dunia Informasi memang terus barkembang, tak hayal mahasiswa/i yang akan terjun ke dunia kerja harus mempersiapkan diri dengan menimba ilmu sebanyak-banyaknya, “timbalah ilmu sampai ke negeri cina”, itulah perumpamaan yang bisa menggambarkan seberapa jauh usaha yang harus Digapai mahasiswa/i yang akan terjun ke dunia baru yakni dunia kerja, hal inilah yang memotivasi UKMF ITC dan rekan-rekan HIMATIF untuk memfasilitasi mahasiswa/i fakultas teknik Universitas Trunojoyo Madura untuk terus belajar tanpa kenal lelah.

Kegiatan ITC diliput media Blankon

Liputan Acara ITC Brings Linux to School di media Blankon

Hari ini 20 Juni 2011, salah satu situs resmi pengembang Sistem Operasi Opensource Indonesia yaitu Blankon meliput salah satu kegiatan UKMF ITC yaitu ITC Brings Linux to School @SMA Assa'adah Gresik, sebuah kebanggaan tersendiri tentunya bagi seluruh anggota ITC karena bisa membantu mensosialisasikan Sistem Operasi "punya anak dalam negeri" itu.
Semoga hal ini bisa menjadi pelecut semangat untuk para panitia ITC Brings Linux to School untuk bisa lebih luas lagi menularkan virus copyleft kepada Siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat di jawa timur. Amin.

Information System Training


Reportase ITC Brings Linux to School Tour de East Java 2011 Episode 2

Panitia BLtS
11 juni 2011, hari yang cerah dan matahari kian memerah, tergambar begitu anggun pesonanya. Tepat pada pukul 13.00 WIB semua panitia telah berkumpul untuk bersiap-siap melanjutkan acara Brings Linux to School Tour de East Java yang akan disenggelarakan pada tangal 12 Juni 2011 oleh UKMF ITC (Information Technology Center). Tepatnya bertempat di SMA Assa’adah Kabupaten Gersik. BLtS kali ini merupakan Tour yang kedua setelah dari SMKN I Pungging Kabupaten Mojokerto (yang dilaksanakan pada  tanggal 21 Mei 2011 lalu). Dengan berbekal semangat dan bermodal keberanian (wkwkwkk... Bo-Nek mania) semuanya telah bersiap dalam pemberangkatan ke kota “Pudak” Gersik tersebut, dan sebelum berangkat tak lupa kami panjatkan doa demi keselamatan dalam menempuh perjalanan. Simpang siur lalu lintas terlihat begitu rapi dan keadaan jalan yang tidak begitu macet membuat perjalanan kali ini cukup lancar sehingga diperkirakan hanya memakan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk sampai pada tempat tujuan. Sesampainya disana kami beristirahat sejenak, melepas lelah di rumah salah satu  pengurus UKMF ITC 2011, dan sebelum akhirnya kami memisah diri antara panitia cewek dan cowok diputuskan terlebih dahulu untuk mengecek tempat lokasi acara sekaligus mempersiapkan segalanya  untuk kelangsungan acara esok harinya.

Mengaktifkan Fitur Template Seluler di Blogger.com

Hari ini (10/06/2011), ada satu lagi fitur tambahan di Blogger.com yang dapat dinikmati para pengguna setia platform blog dari Google ini. Template seluler, seperti tergambar dari namanya fitur ini akan memaksimalkan tampilan blog yang berbasis Blogger.com agar tampil mobile friendly. Mengapa harus mobile friendly? Tentu saja, siapa saja pasti tahu kalau hari ini adalah era mobile computing. Akses Internet kini tidak lagi didominasi perangkat PC desktop maupun laptop tapi sudah beralih ke perangkat bergerak. Bahkan diperkirakan lebih dari setengah akses Internet di Indonesia berasal dari perangkat bergerak. Tentu kita juga sama-sama mafhum, penetrasi perangkat bergera di negeri ini begitu gencarnya. Tablet, smartphone, hingga feature phone begitu populer di Nusantara.