UKMFT-ITC adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura. Berawal dari kelompok yang diberi nama "Kelompok Penguna Komputer" dan akhirnya mendeklarasikan dirinya dengan nama "Information Technology Center" pada tanggal 05 Oktober 2002.

Firefox OS, Gebrakan Mozilla untuk Dunia Mobile


Pagi sobat2 ITC...

Udah pada kenal ama yang namanya Firefox kan?! Itu tu yang biasa dipake buat buka Facebook, email, dan  pastinya juga buat buka websitenya ITC, de el el. Nah vendor browser Mozilla Firefox itu telah resmi merilis platform untuk mobile smartphone yang dinamakan Firefox OS.


Pada Mobile World Congress 2013 yang berlangsung di Barcelona, Mozilla turut hadir meramaikan acara tersebut dengan menghadirkan demo dari sistem operasi terbaru andalannya yang ditujukan bagi platform mobile.

Pada demo yang dilakukan, Firefox OS dipertunjukkan melalui dua smartphone yang telah mengadopsinya yaitu Alcatel One Touch Fire dan ZTE Fire. Kedua smartphone tersebut ditujukan bagi segmen entry level dan Mozilla hendak menunjukkan bahwa sistem operasi ini mampu berjalan mulus pada semua jenis smartphone, baik untuk kelas entry level maupun high-end.

Firefox OS menawarkan beberapa fitur dasar layaknya sistem operasi lain, seperti Facebook yang sudah terintegrasi, peramban, aplikasi bawaan, radio FM, Youtube, dan lainnya.

Salah satu keunggulan yang hendak ditunjukkan adalah dukungan aplikasi berbasis HTML5 yang mana memiliki ukuran lebih kecil dibanding aplikasi lain, berjalan lebih cepat, dan bisa berjalan melalui web tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui Firefox Marketplace.

Dengan lahirnya Firefox OS, Mozilla benar-benar siap untuk bersaing di pasar platform mobile smartphone dan bersaing dengan Android, Blackberry, Windows Mobile, iOS hingga Ubuntu Touch.

Oh ya, menurut lansiran Merdeka.com Mozilla memasarkan platformnya untuk kelas entry level dan low cost smartphone. Jadi kalo sobat2 ITC mau mencicipi OS besutan Mozilla ini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, bisa dibilang perangkat yang menggandeng Firefox OS ini mungkin akan dibanderol dengan harga yang tidak mahal, hehehe


S3m4N6t p46I c3mU4x..!!!


Salam Don't Be Gaptek




RELATED POSTS

Click here for comments 1 komentar:

avatar

saya pernah dengar untuk os ini , tapi sayangnya kurang berkembang bahkan tidak muncul lagi beberpa bulan kemudian , pemasaranya ? atau memang untuk osnya sendiri kurang support dan user friendly ?? saya cuma mendengar belum pernah mencoba sih