UKMFT-ITC adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura. Berawal dari kelompok yang diberi nama "Kelompok Penguna Komputer" dan akhirnya mendeklarasikan dirinya dengan nama "Information Technology Center" pada tanggal 05 Oktober 2002.

Seminar Nasional BIG DATA UKMFT ITC Universitas Trunojoyo Madura


Seminar nasional BIG DATA yang telah diselenggarakan oleh UKMF ITC pada hari Kamis tanggal 04 April 2013 berjalan dengan lancar meskipun persiapan acara yang bisa dibilang kurang matang. Pada rapat-rapat persiapan sebelum acara dimulai banyak ditemukan kendala seperti kurangnya bantuan sponsor sehingga dana menjadi minus dari yang dianggarkan, dan juga dari beberapa panitia yang kurang aktif dikarenakan alasan tertentu membuat susunan kepanitian terombang-ambing, selain itu konsep acara pun masih mengambang. Semua masalah tersebut tidak membuat para panitia Seminar Nasional BIG DATA lantas mundur dan menyerah, akan tetapi masalah-masalah itu justru menguatkan tekad mereka untuk mensukseskan acara yang berskala nasional tersebut.

Dengan bimbingan dari pengurus harian ITC dan DPO, akhirnya sedikit demi sedikit masalah teratasi. Pada saat pendaftaran ditutup jumlah peserta sebanyak 136 orang dengan rincian 96 peserta mendaftar langsung di stand yang telah disediakan, 5 peserta dari undangan delegasi, dan 35 peserta dari pendaftaran online. Jumlah tersebut benar-benar diluar dugaan panitia yang awalnya estimasi jumlah peserta tidak sampai melebihi angka 100.

Rabu 03 April 2013, sekitar jam tujuh malam panitia mulai menata ruangan auditorium untuk persiapan seminar esok harinya. Mulai dari menata tempat duduk peserta, undangan, dan pemateri, mengatur sound system beserta LCD, dan memasang banner indoor, serta mematangkan konsep untuk acara seminar.

Kamis 04 April 2013, sebagian panitia sudah stand by sekitar jam enam pagi untuk mempersiapkan beberapa hal yang belum disiapkan untuk menyambut kedatangan peserta seminar nasional BIG DATA. Pada pukul 08.30 sebagian peserta sudah datang. Pada menit-menit selanjutnya peserta lainnya mulai berdatangan, ada yang langsung menandatangani absensi peserta, ada juga yang masih dalam proses melunasi biaya seminar, sebelum masuk ruangan peserta diberikan konsumsi satu kotak roti dan permen serta segelas minuman ringan.