Browsing Tanpa Iklan Dengan Adblock Plus Extension di Firefox

Diposting oleh Rotua Damanik Rabu, 07 Mei 2008

Pernah tidak merasa jengkel dengan iklan yang berseliweran di situs yang sedang teman-teman kunjungi? Pada dasarnya sih iklan-iklan yang dibuat menggunakan animasi flash ini tidak terlalu mengganggu atau membahayakan, walau demikian ada beberapa diantaranya yang merupakan spam atau iklan yang menyebar berita kebohongan, namun jika dihubungkan dengan kecepatan koneksi Internet di Indonesia saat ini, iklan-iklan tersebut bisa jadi merupakan salah satu penyebab lambatnya suatu situs di-load. Lho kok bisa? Secara logika semua komponen yang terdapat di suatu situs akan dimuat satu persatu sampai akhirnya keseluruhan halaman yang akan teman-teman kunjungi ditampilkan di browser.

Jika sebuah halaman hanya mengandung teks dan beberapa gambar statis, maka otomatis halaman tersebut akan dimuat lebih cepat. Nah, apa jadinya jika suatu halaman dipenuhi dengan berbagai gambar statis, animasi flash, berkas audio, atau bahkan video (kebanyakan sekarang juga menggunakan flash)? Tentu saja halaman tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dimuat. Hal ini disebabkan berkas-berkas animasi flash, yang biasa digunakan untuk membuat iklan, memiliki ukuran yang relatif besar. Otomatis dibutuhkan alokasi bandwidth yang lebih besar juga untuk situs-situs semacam ini.

Untuk mengatasi hal ini teman-teman bisa menggunakan browser Firefox, lalu install Adblock Plus extensions. Add-on Firefox yang satu ini akan memblok semua iklan sesuai dengan kategori yang tema-teman pilih, bisa juga dikonfigurasi untuk tidak memblok iklan tertentu atau iklan dari situs tertentu.

Untuk melalukan instalasi Adblock Plus ini, buka browser Firefox (install dulu kalau belum), lalu dari menu Tools pilih Add-ons.

Klik pada link Get Extensions dari dialog Add-ons yang muncul, dari sini teman-teman akan diarahkan ke situs add-ons-nya Mozilla. Ketikkan Adblock Plus pada kotak pencarian di halaman tersebut dan tekan tombol Search.

Hasil pencariannya akan ditampilkan di halaman baru. Perhatikan di sana mungkin terdapat beberapa hasil pencarian, silakan pilih add-on dengan nama Adblock Plus by Wladimir Palant lalu klik Add to Firefox.

Sebuah jendela baru akan terbuka, klik tombol Install untuk memulai instalasi.

Proses instalasi mungkin akan memakan waktu cukup lama, tergantung dari koneksi internet yang digunakan. Silakan tunggu sampai instalasi selesai.

Proses instalasi selesai, sekarang klik tombol Restart Firefox untuk segera menggunakan add-on Adblock Plus.

Setelah Firefox dinyalakan kembali, silakan memilih daftar filter yang telah disediakan Adblock Plus, kalau masih bingung pilih saja pada pilihan Easylist (USA).
That's all. Selesai sudah proses intalasi Adblock Plus, sekarang teman-teman sudah bisa browsing dengan lebih nyaman tanpa harus melihat iklan yang tidak diinginkan. Jika masih mendapati beberapa iklan yang tidak diblok, silakan klik pada link Block yang tampil di setiap iklan.

0 komentar

Posting Komentar

Banner ITC

ukmf-itc
Copykan Kode dibawah ini ke Blog/Website Anda!