Laporan ITC Brings Linux to School Sumenep: BlankOn Semakin Membumi

Diposting oleh Rotua Damanik Senin, 16 Februari 2009

“Semakin Membumi” itulah yang di ucapkan oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kabupaten Sumenep Bapak HM. Sudirman kepada ITC News ketika di tanya soal bagaimana menurut beliau tentang acara ITC dengan tema “ITC Brings Linux To School” dengan tema “Linux Sebagai Solusi Pendidikan Murah Dan Berkualitas”. Ya kali ini tim ITC Brings Linux To School telah menapakkan kakinya di bumi Sumenep pada tanggal 12 Pebruari 2009 tepatnya di SMAN 2 Sumenep. Acara yang di ikuti hampir seluruh SMA & SMK se-Kabupaten Sumenep ini di buka oleh Bapak Sudirman dan memang menyita perhatian dari peserta yang mengikuti seminar dan workshop di SMAN 2 Sumenep. Apalagi ketika tim mendemonstrasikan cara penginstalasian salah satu distro turunan Ubuntu yang juga buatan anak bangsa yakni BlankOn.

Distro buatan anak bangsa ini membuat peserta seminar dan workshop antusias dengan berbagai fasilitas serta fitur yang canggih, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan dari peserta yang terdiri dari siswa dan guru pendamping, seperti yang dilakukan oleh Bapak Fredi Safril Wijayanto Guru TIK, yang juga sebagai Wakasek Humas SMAN 1 Lenteng Kabupaten Sumenep ini seringkali mengajukan pertanyaan. Sesuai kata Bapak Sudirman, seminar dan workshop yang mengangkat tema Linux Sebagai Solusi Pendidikan Murah dan Berkualitas sebenarnya sudah cukup baik bahkan beliau meminta kepada tim ITC agar acara seperti ini terus di kembangkan dan tidak hanya satu hari saja. Hal ini senada dengan Bapak Fredi Safril yang juga menjabat sebgai ketua tim MGMP guru TIK Se Kabupaten Sumenep, beliau juga menambahkan jika beliau sangat senang dengan diadakannya kegiatan-kegiatan seperti ini. Karena selain menambah wawasan, juga dapat menumbuhkan semangat siswa dalam belajar TIK. Bahkan beliau berencana untuk mengundang kembali tim ITC untuk melakukan seminar kembali di Kabupaten Sumenep.

Respon dari siswa yang hadir pun juga sama, mereka sangat senang sekali terhadap kegiatan seminar dan workshop Linux. Mereka sangat senang dengan pengetahuan baru yang didapat. Seperti Nur Rozy siswa SMKN 1 Sumenep ini senang dengan adanya Seminar Linux di kotanya. “Dapat menambah perkembangan tentang komputer terutama Linux” ujar Nur Rozy. Dari Hasil respondensi yang hadir di acara seminar dan workshop kali ini rata-rata banyak yang belum mengenal Linux hanya dari SMKN 1 Sumenep yang pernah menggunakan salah satu distro Linux (Knoppix dan Fedora red).

Di seminar kali ini para siswa di suguhi salah satu aplikasi menarik dari tim ITC Linux. Sesuai dengan tema yaitu Linux Sebagai Solusi Pendidikan Murah Dan Berkualitas peserta dikenalkan aplikasi Linux yang bernama Kalzium dan Kgeography. Kalzium dalah salah satu aplikasi buat pendidikan di bidang kimia dengan aplikasi ini siswa dapat mengenali sifat dan bentuk atom-atom kimia, tidak hanya itu dengan kalzium siswa juga dapat menghitung persamaan reaksi, mengetahui sejarah atom (tahun ditemukan, siapa penemunya dan juga bahasa asli dari atom tersebut). Selain itu ada KGeography yakni aplikasi dari Linux yang juga berfokus pada pendidikan dibidang Geografi.

Acara ditutup dengan kuis berhadiah majalah Info Linux yang di selenggarakan tim ITC Brings Linux To School menggunakan KGeography. Di sini peserta diajak untuk mengingat kembali wawasan mereka akan peta Dunia. Para peserta menjawab pertanyaan yang ada di KGeography seperti ibu kota negara, negara dengan ibu kotanya, dan banyak lagi. Tampak keseriusan peserta untuk menjawab, yang tak jarang juga mengundang gelak tawa dari peserta lain karena jawaban mereka salah.

3 komentar

  1. Aris Says:
  2. salut abis ma team yang dah kerja keras and thanks banget bma senior2 dah bimbing q, dari sini q bisa tambah ilmu, pengalaman, hubungan sosial juga. ayo kota mana berikutnya ?

     
  3. rotyyu Says:
  4. @Aris
    Ke kota mana saja lah, yg penting jalan....

     
  5. chris Says:
  6. mantabz..teruskan.demi mensukseskan IGOS..
    salam Open source..:D

     

Posting Komentar

Banner ITC

ukmf-itc
Copykan Kode dibawah ini ke Blog/Website Anda!