Lucid Release Party On Air di RRI PRO2 95.2 FM Surabaya

Diposting oleh Rotua Damanik Rabu, 26 Mei 2010

Ada suatu gebrakan baru yang dilakukan teman-teman UKMF ITC tercinta beberapa waktu yang lalu. Tepat pada Sabtu 8 Mei 2010, ITC yang diwakili oleh Aris, Arini, Ria, dan Didin berhasil mendapatkan kesempatan on air di Radio Republik Indonesia PRO2 FM Surabaya dan yang lebih keren, mereka bertiga tidak sekedar on air. Empat rekan kita ini membawa suatu misi perjuangan untuk mengenalkan GNU/Linux ke masyarakat Surabaya sekaligus juga untuk mempromosikan acara Ubuntu 10.04 Lucid Lynx Release Party yang telah dilaksanakan pada 15 Mei lalu. Dan tentu saja mereka juga mempromosikan kampus kita tercinta, Universitas Trunojoyo.

Hal yang jarang sekali dilakoni oleh anak-anak UKMF ITC untuk mempromosikan acara Ubuntu Release Party. Kesempatan ini datang ketika ada tawaran undangan untuk siaran di radio dari RRI PRO2 95.2 FM Surabaya yang sekaligus sebagai media partner dalam acara Ubuntu 10.04 Lucid Lynx Release Party. Kesempatan langka sekaligus kesempatan pertama ini tentu saja tidak dilewatkan oleh ITC dan jadilah empat orang anggota ITC dikirim ke studio RRI.

Kehadiran Aris, Arini, Ria, dan Didin di studio RRI disambut oleh penyiar dengan ramah. Tak lama setelah sampai di studio, tepat pukul 16.30 WIB acara dimulai, tentu saja sebagai kesempatan pertama untuk mengudara ada rasa canggung namun berkat keramahan penyiarnya semua rasa canggung itu dapat hilang dan acara on air bisa berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan pertama, Aris mengulas sedikit tentang Ubuntu 10.04 dan fitur-fiturnya ke pada para pendengar. Salah satu fitur yang sangat diandalkan Ubuntu 10.04 adalah waktu booting yang hanya berkisar 15 detik dan waktu shutdown cuma 5 hingga 7 detik. Di samping itu Aris juga memaparkan tentang fitur social networking atau jejaring sosial yang sudah terintegrasi melalu gwibber di Ubuntu 10.04. Setelah break mendengarkan sebuah lagu yang diputarkan oleh Amal, penyiar RRI PRO2 95.2 FM Surabaya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan pendengar melalui media telepon. Penelopon pertama dan terakhir, Bpk. Rahmat dari Sidoarjo, menanyakan tentang alasan diadakannya URP di Madura dan kemudahan yang disediakan Ubuntu 10.04 LTS.















Untuk pertanyaan pertama di jawab secara bergantian oleh Ria, Didin, Dan Arini. Ketiganya menjelaskan bahwasanya  acara URP yang diselenggarakan oleh UKMF-ITC di adakan di Pulau Garam karena selain memperkenalkan GNU/Linux pada masyarakat juga mempromosikan potensi Pulau Madura terhadap masyarakat Jawa Timur. Ppertanyaan ke dua di jawab oleh Aris selaku Linux speaker dari ITC dengan menjelaskan bahwasanya Ubuntu Linux 10.04 LTS saat ini menawarkan berbagai macam kemudahan aplikasi semisal tentang koneksi dengan modem atau mobile phone yang lagi ngetren  sekarang sudah langsung terkoneksi di Ubuntu 10.04 LTS. Selain itu di Ubuntu 10.04 LTS ini memiliki fitur Social-Networking yang bisa digunakan dengan mudah untuk melakukan update status facebook, twitter, dan berbagai macam situs jejaring sosial yang ada.

Setelah penjelasan tentang kemudahan di Ubuntu 10.04 yang baru oleh Aris selesai maka acara di tutup dengan penjelasan bagaimana cara hadir dalam acara tahunan UKMF ITC tersebut. Di penghujung acara Aris memberikan PIN bertemakan Linux pada penyiar radio saudara Amal sebagai tanda bahwasanya RRI PRO2 FM telah di tandai sebagi tempat dengan aktifitas Linux. 

0 komentar

Posting Komentar

Banner ITC

ukmf-itc
Copykan Kode dibawah ini ke Blog/Website Anda!