Rilist Ubuntu 13.04

Diposting oleh UKMFT ITC Trunojoyo Rabu, 15 Mei 2013

 
Mr.cerdas




ohayou semua
hari ini Mr.cerdas mengungkap ilmu dari linux ubuntu 13.04 udah pada tahu tentang linux atau mungkin sejarah linux . Mr.cerdas akan jelaskan semua , lihat dibawah ini :
Kernel Linux pada awalnya ditulis sebagai hobi oleh pelajar universiti Finland Linus Torvalds yang belajar di Universiti Helsinki, untuk menyerupai kernel Minix yang bebas dan boleh sunting. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX direka untuk mudah dan bukannya untuk kegunaan perniagaan.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991. [1]
Berikutnya, beribu penulis perisian sukarelawan seluruh dunia telah menyertai projek ini. Lihat juga The Cathedral and the Bazaar, rencana terkenal mengenai model pembangunan kernel Linux dan atur cara seumpamanya.
Sejarah sistem pengendalian berasaskan Linux berkait-rapat dengan projek GNU, projek perisian bebas terkenal diketuai oleh Richard Stallman. Projek GNU bermula pada 1983 untuk membangunkan sistem pengendalian seperti UNIX lengkap — pengkompil, atur cara aplikasi, utiliti pembangunan dan seterusnya — dikarang sepenuhnya dengan Perisian Bebas. Pada 1991, apabila versi pertama kerangka Linux ditulis, projek GNU project telah menghasilkan hampir kesemua komponen sistem ini — kecuali kernel. Torvalds dan pembangun kernel seperti Linux menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU, dan seterusnya mengeluarkan sistem pengendalian yang cukup berfungsi. Oleh itu, Linux melengkapkan ruang terakhir dalam rancangan GNU.
Walaupun kernel Linux dilesenkan di bawah Lesen Awam Am GNU, ia bukannya sebahagian daripada projek GNU.
·         Tux, seekor Penguin, merupakan logo dan maskot bagi Linux. Linux adalah tanda dagangan (SN: 1916230) yang dimiliki oleh Linus Torvalds. Ia didaftar sebagai "Perisian sistem pengendalian komputer bagi penggunaan komputer dan operasi". Tanda dagangan ini diletak setelah berlaku suatu kejadian di mana seorang peguam bernama William R Della Croce Jr mula menghantar surat kepada para pengedar Linux yang mendakwa tanda dagangan Linux adalah kepunyaannya serta meminta royalti sebanyak 10% daripada mereka. Para pengedar Linux mula mengumpul sumber serta membuat rayuan agar tanda dagangan yang asal diberi kepada Linus Torvalds. Perlesenan tanda dagangan Linux sekarang dikendali oleh Linux Mark Institute.
dari sejarah linux diatas kita tahu sekarang penemu linuk adalah kernel linux. Linux punya indukan dari DEBIAN dan bercabang menjadi berbagai macam. Di indonesia linux yang populer adalah Blank On , Ubuntu, dll. Tetapi pada artikel ini kita akan mengungkap rahasia linux ubuntu versi terbaru yaitu Ubuntu 13.04(Raring Ringtail). Sedikit bocoran nama linux kebanyakan diambil dari nama hewan. Seperti:
Ubuntu 4.10 Warty Warthog
Ubuntu 5.04 Hoary Hedgehog
Ubuntu 5.10 Breezy Badger
Ubuntu 6.06 LTS Dapper Drake
Ubuntu 6.10 Edgy Eft
Ubuntu 7.04 Feisty Fawn
Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon

Ubuntu 8.04 LTS Hardy Heron
Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal

Ubuntu 13.04 Raring Ringtail

 
pada linux 13.04 Unity telah meningkat pesat di Ubuntu 13.04 dan sekarang BANYAK lebih cepat daripada di Ubuntu 12.10.perubahan yang paling signifikan adalah pada fitur. Pengguna akan disajikan dengan fitur yang baru
berikut adalah beberapa screen shoot tampilan :



Minimum Launcher icon size limit decreased to 8px


Overlay scrollbars for Dash


Dari tampilan diatas kitya bisa mengetahui usaha dari Unity yang membuat linux menjadi lebih modern.
bukan hanya di tampilan kinerja linux 13.04 lebih unggul dari 12.10. dengan menutup kelemahan yang ada di linux sebelumnya linux 13.04 ini lebih stabil. Sebuah situs juga menjelaskan kesetabilan dari 13.04 ini. Perubahan lain termasuk :
    Dukungan MTP secara default sehingga Anda seharusnya tidak memiliki masalah mengakses Android 4.0 perangkat yang tidak mendukung USB Mass Storage via Ubuntu 13.04 bersiap Ringtail (terima kasih kepada GVFS yang kini hadir dengan backend MTP);
    Intel SNA (akselerasi 2D untuk Linux driver grafis Intel yang meningkatkan kinerja X.Org) telah diaktifkan secara default di Ubuntu 13.04. Ini harus memberikan peningkatan kinerja pengemudi X.Org dan dengan demikian, lebih cepat, desktop yang lebih responsif;
    LibreOffice memiliki Ubuntu AppMenu dan dukungan HUD secara default, tanpa menggunakan ekstensi (fitur ini adalah sedikit buggy meskipun dan jika HUD tidak bekerja dengan baik untuk Anda, pertama membuka menu, kemudian mencoba untuk menggunakan HUD dan harus bekerja). LibreOffice 4.0 datang dengan banyak perangkat tambahan lain, lihat artikel INI untuk info lebih lanjut;
    dengan Ubuntu 13.04, proses beralih dari Python 2 sampai 3 Python terus, meskipun tidak semuanya telah dikonversi ke Python 3 untuk final Ubuntu 13.04 rilis;
    disederhanakan Software Updater;
    "preview teknologi" dari Upstart Pengguna Sesi telah disertakan secara default di Ubuntu 13.04, yang memungkinkan Upstart untuk mengawasi sesi desktop pengguna. Fitur ini dinonaktifkan secara default untuk Ubuntu 13.04, namun dapat diaktifkan secara manual untuk pengujian;
    banyak orang lain yang akan Anda temukan sendiri.
Aplikasi standar
 

 Gwibber, sosial klien / microblogging yang digunakan akan tersedia secara default di Ubuntu telah dihapus secara default dan dari repositori (tapi, seperti yang saya katakan di atas, fungsi Lens Gwibber masih tersedia secara default berkat baru lensa Teman) . Aplikasi ini telah ditulis ulang di QML dan dapat diinstal melalui Ubuntu Software Center (dan itu sekarang disebut "Friends").

Ubuntu 13.04 terus menggunakan GNOME 3.6 untuk sebagian besar (meskipun GNOME 3.8 telah dirilis baru-baru ini - lebih lanjut tentang mengapa mereka memilih untuk tinggal dengan 3,6, SINI), seperti Ubuntu 12.10, namun, beberapa aplikasi GNOME yang tidak upgrade ke versi 3.6 di Ubuntu 12.10 kini tersedia secara default: Nautilus 3.6 dan 3.6 Totem.

Ubuntu 13.04 bersiap screenshot Ringtail
Nautilus 3.6

Ubuntu 13.04 bersiap screenshot Ringtail
Totem 3.6

Kedua Nautilus 3.6 dan Totem 3.6 telah ditambal untuk bekerja dengan baik dengan Unity, misalnya, dulu ada masalah dengan Totem 3.6 yang menyebabkan menu tidak dapat diakses tapi itu telah diperbaiki untuk final Ubuntu 13.04 rilis, atau Nautilus 3.6, yang misalnya, memungkinkan mudah membuat dokumen baru melalui klik kanan, fungsi yang telah dihapus hulu.
Hal yang sama berlaku untuk GNOME Control Center (Sistem Pengaturan) yang akhirnya telah diperbarui untuk versi 3.6.x setelah versi 3.4.x telah digunakan di Ubuntu 12.10:
Ubuntu 13.04 bersiap screenshot Ringtail
GNOME Control Center 3.6
Ubuntu 13.04 bersiap screenshot Ringtail
Ubuntu Software Center
Ubuntu 13.04 (penuh kegembiraan Ringtail) dilengkapi dengan paket-paket berikut secara default: Firefox 20.0, Thunderbird 17.0.5, Nautilus 3.6.3, 4.0.2 LibreOfice, Empati 3.6.4, Totem (Video) 3.6.3, 3.6.2 Gedit, Deja Dup Backup Alat 26,0, Rhythmbox 2.98, GNOME Kontak 3.6.2, Brasero 3.6.1, Transmisi 2.77, Remmina 1.0.0, Ubuntu Software Center 5.6.0 dan GNOME Control Center 3.6.3, di atas Compiz 0.9.9 ~ daily13.04.18.1, Persatuan 7.0.0daily13.04.18 dan GTK 3.6.4.
Untuk Kernel, Ubuntu 13.04 mencakup 3.8.0-19-29 Ubuntu Linux kernel, berdasarkan hulu 3.8.8 kernel Linux.
sekian dari Mr.cerdas slam dont be gaptek

                                                            sumber : http://www.webupd8.org dan wikipedia
                                                            tim cretor itct


0 komentar

Posting Komentar

Banner ITC

ukmf-itc
Copykan Kode dibawah ini ke Blog/Website Anda!