UKMF ITC adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura. Berawal dari kelompok yang diberi nama "kelompok Penguna Komputer" dan akhirnya mendeklarasikan dirinya dengan nama "INformation Technology Center" pada tanggal 05 Oktober 2002.

NOKIA : Perusahaan Teknologi Tertua Didunia

Assalamualaikum Wr Wb

Selamat pagi ,selamat beraktivitas ,kali ini kami akan memposting berita yang mungkin banyak orang yang belum tau ni :) ,
Mungkin banyak yang bertanya perusahaan teknologi apa sih yang paling tua ?
Jawabannya adalah NOKIA.


   Ya nokia merupakan perusahaan teknologi paling tua di dunia yang berdiri pada
tanggal 12 Mei 1865 oleh fredrik Idestam di finlandia , Pada Awalnya Nokia didirikan sebagai perusahaan penggilingan pulp (hasil pemisahan serat dari bahan baku berserat melalui berbagai proses pembuatannya).Tak lama setelah usainya Perang Dunia I, Perusahaan Karet Finlandia mengakuisisi Perusahaan Penggilingan Kayu Nokia dan Perusahaan Kabel Finlandia (sebuah produsen kabel telepon dan telegraf). Ketiga perusahaan tersebut digabung menjadi Nokia Corporation pada tahun 1967. Kemudian dikembangkan menjadi mesin bubur kayu dan pembuat kertas pada tahun 1920 dan merupakan pabrik pembuat kertas terkemuka di Eropa.


Pada awal 1981, Nokia berhasil meluncurkan produk bernama Nordic Mobile
Telephony (NMT). NMT merupakan jaringan seluler multinasional pertama di
dunia. Karena itu, sepanjang dekade 1980-an NMT diperkenalkan ke sejumlah
negara dan mendapat sambutan yang luar biasa. Kemudian pada awal tahun 1990-an, Nokia sempat mengalami krisis, tetapi CEO yang baru, Jorma Ollila, memutuskan untuk memfokuskan pada telepon seluler dan jaringan telepon. Hasilnya, telepon GSM pertama kali di dunia muncul di Finlandia tahun 1991. Kemudian pasar telepon seluler global mulai berkembang sangat cepat pada pertengahan 1990-an dan produk Nokia menjadi yang nomor satu.

Kini sebanyak 2.100 seri ponsel Nokia mendulang sukses. Target penjualan sebanyak 500 ribu unit berhasil diraih pada 1994. Dengan tenaga kerja sebanyak 54 ribu orang, produk Nokia terjual di 130 negara. Sekarang mungkin setiap orang tau telepon seluler yang mudah dalam pengoperasiannya adalah Nokia, karena itulah moto Nokia.

RELATED POSTS

Click here for comments 0 komentar: