Reportase ITC Brings Linux to School Tour de East Java 2011 Episode 2

Diposting oleh UKMFT ITC Trunojoyo Selasa, 14 Juni 2011

Panitia BLtS
11 juni 2011, hari yang cerah dan matahari kian memerah, tergambar begitu anggun pesonanya. Tepat pada pukul 13.00 WIB semua panitia telah berkumpul untuk bersiap-siap melanjutkan acara Brings Linux to School Tour de East Java yang akan disenggelarakan pada tangal 12 Juni 2011 oleh UKMF ITC (Information Technology Center). Tepatnya bertempat di SMA Assa’adah Kabupaten Gersik. BLtS kali ini merupakan Tour yang kedua setelah dari SMKN I Pungging Kabupaten Mojokerto (yang dilaksanakan pada  tanggal 21 Mei 2011 lalu). Dengan berbekal semangat dan bermodal keberanian (wkwkwkk... Bo-Nek mania) semuanya telah bersiap dalam pemberangkatan ke kota “Pudak” Gersik tersebut, dan sebelum berangkat tak lupa kami panjatkan doa demi keselamatan dalam menempuh perjalanan. Simpang siur lalu lintas terlihat begitu rapi dan keadaan jalan yang tidak begitu macet membuat perjalanan kali ini cukup lancar sehingga diperkirakan hanya memakan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk sampai pada tempat tujuan. Sesampainya disana kami beristirahat sejenak, melepas lelah di rumah salah satu  pengurus UKMF ITC 2011, dan sebelum akhirnya kami memisah diri antara panitia cewek dan cowok diputuskan terlebih dahulu untuk mengecek tempat lokasi acara sekaligus mempersiapkan segalanya  untuk kelangsungan acara esok harinya.

Dan tepat pada tanggal 12 juni 2011 dimana hari itu merupakan  hari pelaksanaan acara Brings Linux to School Tour de East Java 2011 yang ke-2. Pagi harinya tepat pukul 07.30 panitia sibuk dengan tugasnya masing-masing dalam mempersiapkan acara tersebut, Selang beberapa menit kemudian segala persiapkan telah usai, dilangsungkan dengan  checking peserta dan Setelah semua peserta memasuki ruangan tepatnya pukul 08.30 WIB acara “Itc Brings Linux to School” di SMA ASSA’ADAH Bungah-Gresik telah dimulai. Dengan sederet acara yang tersusun dan acara yang pertama Diawali dengan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua umum UKMF ITC yaitu saudara Didin yustisianto. 


Bpk. M Ibrahim (Kepala Sekolah SMA Assa'adah)
Dan dilanjutkan sambutan yang kedua oleh kepala sekolah SMA ASSA’ADAH, Bpk. M. Ibrahim sekaligus membuka acara BLtS tersebut. Beliau sangat mendukung dengan adanya acara-acara seperti ini, bahkan beliau sedikit banyak sudah mengerti tentang dunia linux dan open source (go open source). Dan memasuki acara inti yang ditunggu-tunggu yaitu penyampaian materi sekaligus sesi tanya jawab,untuk materi yang pertama dengan topic “ pengenalan Linux” disampaikan oleh anggota muda ITC sendiri yang bernama Idrus Tamam, penyampaiannya yang begitu lihai dan sedikit guyon membuat peserta begitu menikmatinya, dan lebih menariknya lagi ketika saudara idrus menyampilkan video animasi linux (yang menggunakan aplikasi Compiz, para peserta terlihat begitu terhibur ). 
Antusiasme Peserta BLtS
Memasuki sesi Tanya jawab dan beberapa pertanyaan  telah terlontar dari beberapa  peserta yang masih merasa asing dengan Linux. Lanjut pada materi selanjutnya yaitu tentang “perkembangan Linux di Indonesia ” yang disampaikan oleh Saudara Fazza Ahmad, setelah peserta mengenal akan OS Linux yang di jelaskan pemateri pertama tersebut kini selanjutnya memperkenalkan kepada mereka akan perkembangan Linux di Indonesia yang konon katanya di tahun 2012 semua instansi Negara seluruhnya akan menggunakan Open Source. Dan setelah pemaparan materi usai kini  memasuki sesi Tanya jawab, yang tak jauh beda dengan pemateri pertama, terlihat begitu  antusiasnya peserta BLtS melontarkan beberapa pertanyaan kepada pemateri. hal tersebut mempunyai nilai positif bahwa peserta telah mengikuti acara dengan seksama. Selang beberapa menit di isi dengan coffe break sambil pembagian beberapa doorprise kepada peserta BLtS, dalam acara ke-5 ini sangatlah menarik, canda tawa peserta turut memeriahkannya, saatnya melanjutkan kembali materi ke-3 yaitu tentang “aplikasi-aplikasi di Linux” yang disampaikan oleh M. Roni Firdaus. Salah satu aplikasi yang disampaikan adalah tentang Libre Office dan elemen-elemen yang ada didalamnya, materi yang terakhir ini (langsung dilakukan dengan  praktek), begitu cepat para peserta menangkap materi kali ini, karena memang  pada dasarnya Libre Office tidaklah jauh beda dengan Microcok Oppice yang biasa mereka gunakan.   
Foto Panitia bersama Peserta BLtS
Acara yang terakhir adalah pembagian doorprize sesi ke-2 yang dibagikan oleh MC ditemani dengan salah satu pemateri. Kemeriahan diacara terakhir ini sangat menarik,   dan akhirnya semua pembagian doorprise kali ini harus di akhiri ( karena Memang Stok hadiahNya sudah habis …hehe ),saatnya pada penghujung acara yaitu penutup/Doa, acara BLtS Tour de East java kali ini ditutup tepat pada pukul 11.30 WIB. Acara demi acara telah dilewati oleh karena waktu terus berjalan saatnya kami segera mengakhiri kunjungan ke SMA ASSA’ADAH dalam acara “ITC BLtS Tour de East Java 2011” yang disenggelarakan oleh ITC tersebut, namun bukan berarti Tour se-jawa timur telah berakhir ..! masih ada beberapa kota yang akan kami dikunjungi, nantikan kami (panitia BLtS ) pada Tour selanjutnya di SMA 1 Blega Bangkalan...!

Foto2 Menyusul...  ; )
Don’t Be Gaptek..!!
           
         By :Dotcom

1 Responses to Reportase ITC Brings Linux to School Tour de East Java 2011 Episode 2

  1. fazza Says:
  2. wah..wah..wah...
    by dotcom....
    maju terus ITC...
    btw tulisan besar kecilnya.....:D
    gak apa lah untuk pembelajaran :)

    http://ahmadfaza.com/brings-linux-to-school-at-sma-assaadah-bungah-gresik.html

     

Posting Komentar

Banner ITC

ukmf-itc
Copykan Kode dibawah ini ke Blog/Website Anda!