Instalasi Windows Server 2008

Diposting oleh Rotua Damanik Senin, 30 Agustus 2010

Windows Server 2008 adalah salah satu dari sekian banyak produk yang dikeluarkan oleh Microsoft. Seri ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari sistem operasi Windows Server versi sebelumnya, Windows Server 2003. Windows Server 2008 dikembangkan dari kode sumber yang sama dengan Windows Vista dan mendukung klien dengan sistem Windows Vista sama seperti Windows Server 2003 yang mendukung klien Windows XP. Fitur-fitur yang dimiliki Windows Server 2008 di antaranya:

  1. Penulisan ulang network stack (IPv6, jaringan nirkabel, kecepatan, dan peningkatan keamanan).
  2. Instalasi yang lebih mudah.
  3. BitLocker Driver Encryption.
  4. Address Space Layout Randomization.
  5. Windows Firewall.
  6. Windows Powershell.
  7. Microsoft .NET Framework 3.0.
Proses instalasi Windows Server 2008 kurang lebih sama dengan Windows Vista dan seperti kebanyakan product Microsoft lainnya instalasi dengan 'point and click'. Langkah-langkah instalasi selengkapnya akan dijelaskan lebih lanjut dalam tulisan ini. So, stay tune.


Seperti biasa, sebelum melakukan instalasi siapkan dulu media untuk instalasi seperti DVD dan mesin komputer untuk instalasi. Spesifikasi perangkat keras untuk server yang dibutuhkan dapat dilihat di sini (penulis menggunakan VMWare Server di atas Ubuntu 10.04 64bit) dan untuk mengunduh berkas instalasi berupa ISO image ada di sini. Pastikan juga urutan boot PC server sudah diatur ke CD-ROM. Jika sudah, boot komputer menggunakan DVD installer. Proses awal instalasi adalah memilih bahasa yang akan digunakan.
Pilih bahasa
Klik "Install" di layar berikutnya untuk memulai instalasi.
Mulai instalasi
Kalau memiliki activation key (berarti telah menyewa lisensi Windows), masukkan kombinasi key tersebut atau jika hendak menggunakan versi trial kosongkan saja. Klik Next untuk melanjutkan.
Masukkan key
Pilih No pada kotak dialog konfirmasi jika tidak ingin memasukkan activation key.
Konfirmasi key
Selanjutnya pilih edisi Windows Server 2008 yang hendak digunakan. Jika telah membeli lisensi, pilih edisi sesuai dengan key yang dimiliki. Lanjutkan dengan mengklik Next.
Pilih edisi server
Baca End User License Agreement (EULA) dengan seksama, jika setuju centang pilihan "I accept the license term." dan klik Next.
EULA
Karena instalasi ini adalah "fresh install" dan bukan upgrade, pilih "Custom (advanced)" di layar berikutnya.
Jenis instalasi
Langkah selanjutnya adalah persiapan partisi harddisk untuk instalasi, pilih partisi yang akan digunakan lalu atur beberapa pilihan untuk driver tersebut. Apabila sudah selesai, lanjutkan dengan klik tombol Next.
Persiapan driver
Proses instalasi akan berlangsung cukup lama, sangat bergantung pada kecepatan PC yang digunakan untuk instalasi Windows Server 2008 ini. Silakan tunggu hingga proses ini selesai. Jangan takut bila selama proses instalasi ini PC akan restart beberapa kali, ini adalah bagian dari instalasi.
Proses instalasi berlangsung
Setelah proses instalasi selesai, PC akan restart kembali dan masuk ke sistem Windows Server 2008 yang baru saja dipasang. Silakan mengisi password untuk Administrator, gunakan kombinasi alfabet, angka dan tanda baca untuk password.
Ganti password admin
Login dengan use Administrator dan password yang baru saja diisikan di proses sebelumnya.
Login admin
Proses instalasi selesai dan Windows Server 2008 siap dieksplorasi.
Tampilan Windows Server 2008
Happy hacking!

0 komentar

Posting Komentar

Banner ITC

ukmf-itc
Copykan Kode dibawah ini ke Blog/Website Anda!