SMAN 1 Blega Bangkalan


Blega atau oleh rekan-rekan mahasiswa UTM sering disebut 'Belgia' bangkalan, merupakan kota yang lebih dikenal dengan macet dan rawan banjir di Madura, tapi di wilayah tersebut ternyata terdapat kalangan pelajar yang memiliki antusiasme cukup tinggi terhadap perkembangan teknologi informasi, hal inilah yang mendasari Tim Brings Linux to School (BLtS) memilih SMA tersebut dan melanjutkan langkah dalam menebarkan semangat untuk berbagi ilmu.





Sambutan Kepala Sekolah
Pada tanggal 23/07/2011 Tim BLtS melanjutkan perjalanan ke-3 dalam misi mengenalkan Sistem Operasi Linux kepada sekolah-sekolah di Jawa Timur, dan SMAN 1 Blega – Bangkalan menjadi kota tujuan berikutnya, tepat pukul 09.00 sambutan dari ketua umum ITC dan Bpk Gondam Joko Sampurno S.Pd selaku perwakilan dari sekolah mengawali acara yang mengambil tempat di Lab. Komputer SMA tersebut. 



Materi Pengenalan OS Linux


Acara selanjutnya dilanjutkan dengan Materi 1 tentang pengenalan Sistem Operasi Linux yang disampaikan oleh Sdr Asadullohil Ghalib K., dan Linux yang kami perkenalkan adalah BlankOn 7 (Pattimura) dan Ubuntu 10.10 (maverick marekat), dilihat dari antusiasme peserta materi yang disampaikan berlangsung interaktif dan menarik, 



Peragaan Remoute Desktop
memasuki pkl 10.30 sempat terjadi kepanikan karena listrik tiba-tiba padam, tetapi hal ini tidak menjadi halangan yang berarti karena atas inisiatif dari Pemateri 1 yang awalnya presentasi menggunakan LCD Proyektor diganti menggunakan Remoute Desktop dengan menggunakan 2 laptop sebagai pengganti LCD Proyektor dan 1 laptop server untuk pemateri, sambil menunggu konfigurasi selesai diputuskan untuk Coffee Break terlebih dahulu, atas inisiatif tersebut acara yang sempat beberapa menit terganggu akhirnya bisa berjalan kembali, memasuki materi ke 2 tentang Linux Solusi Praktis Untuk Pendidikan kembali disampaikan oleh Sdr Asadullohil Ghalib K., materi yang disampaikan berisi seputar penjelasan aplikasi-aplikasi opensource yang interaktif dan mendidik serta perkembangan SO Linux di Indonesia.

Materi Instalasi OS Linux
Masuk ke sesi materi ke-3 yang menjelaskan tentang Step by Step Instalasi Linux mulai awal hingga Sistem Operasi siap digunakan, materi yang ke-3 disampaikan oleh Sdr. Alfian dengan lugas dan menarik, sehingga walaupun waktu sudah berlalu lama tetapi peserta tetap menyimak materi dengan baik, setelah materi ke-3 selesai disampaikan dilanjutkan dengan pembagian doorprize untuk peserta yang mengajukan pertanyaan dan peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari pemateri. 




Penyerahan Piagam Penghargaan
 Akhirnya tibalah pada sesi terakhir yaitu sesi penutupan dan sebelum acara ditutup ada sesi penyerahan piagam penghargaan sebagai tanda ucapan terimakasih dari ITC ke pihak SMAN 1 Blega dan sebaliknya, demikian rangkaian acara ITC Brings Linux to School Tour de East Java 2011 di SMAN 1 Blega Bangkalan pada tanggal 23 juli 2011, dan acara ditutup dengan foto bersama peserta dan panitia.


Peserta BLtS
 UKMF ITC mengucapkan terimakasih kepada Pembina ITC, PD3 FT, Kepala SMAN 1 Blega Bangkalan, Panitia & senior ITC, PimRed Info Linux serta seluruh pihak yang telah mendukung berjalannya acara tersebut.

Salam Don't Be Gaptek...!!

By Sogol

4 komentar

  1. Wahyu Alam Says:
  2. sangat bangga dan berterimakasih telah mau ikut serta untuk mencerdaskan anak Bangsa, terlebih anak-anak aseli Madura yang kebanyakan masih gagap akan teknologi, kalau hal ini terus ditingkatkan InsyaAllah tidak ada lagi oreng Madhureh yang tidak mengerti teknologi, amin!

     
  3. rotyyu Says:
  4. Lab sekolahnya lumayan keren yak. Kalau bisa, setelah acara ini dilanjutkan dng pelatihan utk guru-guru dan murid. Jika berjalan lancar, mari kita lanjutkan memigrasikan lab mereka ke BlankOn 7.

     
  5. Keep Spirit Brother...

    Let's Tux Rock Madura Island...!!
    Bravoo..

     
  6. colorofme Says:
  7. Next time harus ke Pemda, biar dari pemda turun ke dinas pendidikan kemudian instruksi langsung ke sekolah2 (terutama yg negeri) untuk menggunakan linux dalam pembelajaran

     

Posting Komentar

Banner ITC

ukmf-itc
Copykan Kode dibawah ini ke Blog/Website Anda!